Cara Membuat Camilan Sehat dan Sederhana

Camilan merupakan bagian penting dari pola makan sehari-hari. Namun, seringkali kita cenderung memilih camilan yang tidak sehat, seperti keripik, cokelat, atau makanan ringan lainnya yang tinggi gula dan lemak. Untuk menjaga kesehatan tubuh, penting untuk memilih camilan yang sehat dan bergizi. Berikut adalah beberapa cara membuat camilan sehat dan sederhana yang bisa Anda coba di rumah:

  1. Popcorn Tanpa Mentega Popcorn adalah camilan yang rendah kalori dan kaya serat jika tidak ditambahkan mentega. Untuk membuat popcorn sehat, cukup panaskan sedikit minyak zaitun di dalam panci, lalu tambahkan biji jagung popcorn. Tutup panci dan biarkan popcorn mengembang. Anda bisa menambahkan sedikit garam atau rempah-rempah untuk memberi rasa tambahan.

  2. Smoothie Buah Smoothie buah adalah camilan yang segar dan menyehatkan. Cukup campurkan beberapa buah favorit Anda, seperti pisang, stroberi, blueberry, dan bayam, dengan yogurt rendah lemak atau susu almond. Blender hingga halus dan hidangkan dalam gelas. Anda juga bisa menambahkan sedikit madu atau es batu jika diinginkan.

  3. Edamame Edamame, atau kedelai muda, adalah camilan yang kaya protein dan rendah lemak. Cukup rebus edamame dalam air garam selama beberapa menit, lalu tiriskan. Anda bisa menaburinya dengan sedikit garam atau rempah-rempah sesuai selera.

  4. Vegetable Sticks dengan Hummus Potong wortel, seledri, paprika, dan mentimun menjadi batang-batang kecil. Sajikan dengan hummus sebagai sausnya. Hummus mengandung protein nabati dan serat, sehingga membuat camilan ini lebih mengenyangkan dan sehat.

  5. Telur Rebus Telur rebus adalah camilan yang mudah dibuat dan kaya protein. Rebus telur dalam air mendidih selama sekitar 7-8 menit, lalu kupas kulitnya. Anda bisa menambahkan sedikit garam dan merica jika diinginkan.

  6. Oatmeal Cookies Untuk camilan manis yang sehat, coba buat oatmeal cookies. Campurkan oatmeal, pisang yang sudah dihancurkan, kismis, dan sedikit kayu manis dalam sebuah mangkuk. Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil dan panggang dalam oven hingga matang.

  7. Trail Mix Campurkan kacang almond, kacang kenari, kismis, dan potongan buah kering lainnya menjadi campuran trail mix yang sehat. Simpan dalam wadah kedap udara dan bawa sebagai camilan saat bepergian atau saat sedang lapar di antara waktu makan.

Dengan memilih camilan yang sehat dan sederhana seperti di atas, Anda dapat menjaga kesehatan tubuh Anda tanpa perlu khawatir akan timbulnya masalah kesehatan akibat konsumsi makanan yang tidak sehat. Selamat mencoba!

Belum ada Komentar untuk " Cara Membuat Camilan Sehat dan Sederhana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel