Resep Camilan Nusantara yang Gampang Dibuat

>

Camilan merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Kekayaan budaya dan tradisi kuliner Nusantara menghasilkan berbagai resep camilan yang lezat dan gampang dibuat di rumah. Berikut beberapa resep camilan Nusantara yang bisa Anda coba:

  1. Pisang Goreng
    Pisang goreng adalah camilan favorit yang mudah dibuat dan disukai banyak orang. Ambil beberapa buah pisang matang, kupas, dan potong memanjang. Campurkan tepung terigu, gula, sedikit garam, dan air hingga membentuk adonan kental. Celupkan potongan pisang ke dalam adonan dan goreng hingga keemasan. Sajikan dengan secangkir teh hangat untuk menambah kenikmatannya.

  2. Cireng
    Cireng adalah camilan khas Sunda yang terbuat dari tepung tapioka dan bumbu rempah. Campur tepung tapioka dengan air panas, garam, bawang putih cincang, dan daun bawang. Bentuk adonan menjadi stik-tipis dan goreng dalam minyak panas hingga kering. Cireng siap disantap dengan sambal atau saus kesukaan Anda.

  3. Kue Lumpur
    Kue Lumpur adalah camilan tradisional yang lembut dan manis. Campur tepung terigu, gula, santan, dan telur hingga rata. Tuangkan adonan ke dalam cetakan dan kukus selama 20-30 menit. Setelah dingin, taburi kue lumpur dengan kelapa parut. Rasanya yang manis dan lembut membuat kue ini cocok sebagai teman minum teh sore.

  4. Risol
    Risol adalah camilan yang terbuat dari kulit lumpia yang diisi dengan ragout daging cincang. Tumis daging cincang dengan bawang putih, bawang bombay, wortel, dan tambahkan sedikit saus tomat. Ambil selembar kulit lumpia, isi dengan ragout, lalu gulung dan rekatkan dengan tepung terigu yang diberi air. Goreng risol hingga keemasan dan sajikan hangat dengan saus tomat atau saus sambal.

  5. Pempek
    Pempek adalah camilan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu. Campur daging ikan tenggiri yang sudah dihaluskan dengan tepung sagu, garam, dan bawang putih cincang. Bentuk adonan menjadi bulat atau seperti cincin, lalu rebus dalam air mendidih hingga mengapung. Sajikan pempek dengan cuko, saus yang terbuat dari gula merah, cabai, bawang putih, dan cuka.

  6. Onde-Onde
    Onde-onde adalah camilan tradisional yang berisi kacang hijau dan gula merah. Campur kacang hijau yang sudah direndam semalam dengan gula merah yang telah dihaluskan. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil dan gulingkan dalam wijen putih. Goreng onde-onde hingga kecoklatan dan nikmati rasanya yang manis gurih.

  7. Tahu Crispy
    Tahu crispy adalah camilan yang terbuat dari tahu yang digoreng hingga renyah. Potong tahu menjadi potongan kecil, celupkan ke dalam adonan tepung terigu yang diberi bumbu, seperti garam, merica, dan bawang putih bubuk. Goreng tahu hingga keemasan dan sajikan dengan saus sambal atau saus tomat.

Itulah beberapa resep camilan Nusantara yang gampang dibuat di rumah. Selamat mencoba dan menikmati kelezatan camilan tradisional Indonesia!

Belum ada Komentar untuk " Resep Camilan Nusantara yang Gampang Dibuat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel