5 Resep Makanan Khas Jawa yang Menggugah Selera

Makanan khas Jawa memang tidak ada duanya dalam keragaman rasa dan cita rasanya. Dari makanan berat hingga makanan ringan, Jawa memiliki banyak sajian yang menggugah selera. Berikut adalah lima resep makanan khas Jawa yang pasti membuat lidah Anda bergoyang:

  1. Nasi Gudeg Jogja

Nasi Gudeg Jogja adalah salah satu makanan khas Yogyakarta yang terkenal dengan kelezatannya. Gudeg sendiri merupakan masakan berbahan dasar nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah khas Jawa. Untuk membuat Nasi Gudeg Jogja, Anda memerlukan potongan daging ayam, telur rebus, serta sambal goreng krecek sebagai pelengkapnya. Hidangkan nasi hangat bersama gudeg, ayam, telur, dan sambal goreng krecek, serta kerupuk sebagai pendampingnya.

  1. Soto Ayam Lamongan

Soto Ayam Lamongan adalah hidangan khas Jawa Timur yang tak pernah lekang oleh waktu. Kuahnya yang gurih dengan aroma rempah yang khas membuatnya sangat disukai oleh banyak orang. Untuk membuat Soto Ayam Lamongan, rebus potongan ayam dengan tambahan bumbu rempah seperti serai, daun jeruk, dan jahe. Sajikan dengan tambahan tauge, seledri, bawang goreng, dan kerupuk sebagai pelengkapnya.

  1. Rujak Cingur Surabaya

Rujak Cingur adalah salah satu makanan khas Surabaya yang tidak boleh Anda lewatkan. Rujak ini terbuat dari campuran buah-buahan segar seperti mangga muda, nanas, dan timun yang disajikan dengan irisan daging cingur (hidung sapi) yang telah direbus. Siram dengan bumbu petis khas Surabaya yang pedas dan gurih, serta taburan kacang tanah goreng dan kerupuk sebagai pelengkapnya.

  1. Sate Ayam Madura

Sate Ayam Madura adalah makanan khas Jawa Timur yang sudah terkenal di seluruh Indonesia. Potongan daging ayam yang ditusuk dengan bambu kemudian dipanggang di atas bara api dengan bumbu kacang yang gurih dan pedas membuatnya sangat menggugah selera. Hidangkan Sate Ayam Madura dengan lontong, bawang merah, dan bumbu kacang sebagai pelengkapnya.

  1. Bakso Malang

Bakso Malang adalah salah satu makanan khas Malang yang sangat terkenal. Bakso ini terbuat dari campuran daging sapi cincang yang kenyal dan lembut, disajikan dengan tambahan mie kuning, tauge, bakso ikan, pangsit, dan kuah kaldu yang gurih. Tambahkan sambal dan kecap manis sesuai selera untuk meningkatkan cita rasanya.

Itulah lima resep makanan khas Jawa yang pasti menggugah selera. Cobalah untuk membuatnya di rumah dan nikmati kelezatannya bersama keluarga tercinta. Selamat mencoba!

Belum ada Komentar untuk " 5 Resep Makanan Khas Jawa yang Menggugah Selera"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel