Resep Camilan Nusantara yang Gampang Dibuat

>

Resep Camilan Nusantara yang Gampang Dibuat

Siapa yang tidak suka camilan? Camilan menjadi salah satu makanan yang disukai banyak orang untuk mengisi waktu luang atau sekadar mengganjal perut saat sedang lapar. Nusantara, dengan keanekaragaman budaya dan kuliner, menawarkan berbagai resep camilan yang lezat dan mudah dibuat. Berikut beberapa resep camilan Nusantara yang bisa Anda coba di rumah.

  1. Pisang Goreng

Pisang goreng adalah camilan klasik yang mudah dibuat dan disukai banyak orang. Pilih pisang yang sudah matang, kupas, dan potong-potong sesuai selera. Campurkan tepung terigu, gula, dan sedikit baking powder. Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga membentuk adonan yang kental. Celupkan potongan pisang ke dalam adonan dan goreng hingga berwarna keemasan. Pisang goreng siap disantap dengan teh atau kopi hangat.

  1. Tahu Goreng

Tahu goreng adalah camilan yang praktis dan enak. Potong tahu menjadi beberapa bagian, lalu rendam dengan bumbu yang terdiri dari bawang putih, garam, dan merica. Setelah itu, goreng tahu hingga matang dan berwarna kecoklatan. Tahu goreng dapat disajikan dengan saus sambal atau saus kacang sebagai pelengkap.

  1. Kue Lumpur

Kue Lumpur adalah camilan tradisional yang memiliki tekstur lembut dan manis. Campurkan tepung beras, gula, santan, dan sedikit vanili. Aduk hingga semua bahan tercampur rata. Tuangkan adonan ke dalam cetakan dan kukus selama kurang lebih 30 menit. Setelah dingin, Kue Lumpur siap untuk dinikmati.

  1. Onde-Onde

Onde-onde adalah camilan yang terbuat dari tepung ketan dan diisi dengan kacang hijau yang sudah digiling. Campurkan tepung ketan dengan sedikit air hingga membentuk adonan yang elastis. Ambil sedikit adonan, pipihkan, lalu isi dengan kacang hijau. Bulatkan dan goreng hingga matang. Onde-onde siap disajikan dengan taburan wijen di atasnya.

  1. Keripik Tempe

Keripik tempe adalah camilan yang gurih dan renyah. Potong tempe menjadi tipis-tipis, rendam dengan bumbu yang terdiri dari garam, merica, dan ketumbar. Goreng tempe hingga kering dan renyah. Keripik tempe siap dinikmati sebagai camilan sehat dan lezat.

  1. Pepes Ikan

Pepes ikan adalah camilan yang berbeda dengan yang lainnya karena dikukus. Campurkan ikan yang sudah dihaluskan dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, dan daun jeruk. Bungkus adonan dengan daun pisang, lalu kukus selama kurang lebih 40 menit. Pepes ikan siap untuk dinikmati dengan nasi hangat.

  1. Kue Cubit

Kue Cubit adalah camilan yang cocok untuk disantap oleh semua usia. Campurkan tepung terigu, gula, susu bubuk, dan sedikit baking powder. Tambahkan telur dan aduk hingga rata. Tuangkan adonan ke dalam cetakan kue cubit, lalu panggang hingga matang. Kue Cubit siap disajikan dengan berbagai topping seperti cokelat meses atau keju parut.

Itulah beberapa resep camilan Nusantara yang gampang dibuat di rumah. Selain mudah dan praktis, camilan-camilan di atas juga menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Selamat mencoba dan selamat menikmati camilan khas Nusantara!

Belum ada Komentar untuk " Resep Camilan Nusantara yang Gampang Dibuat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel