5 Camilan Tradisional Nusantara yang Mudah Dibuat di Rumah

>

Indonesia kaya akan warisan kuliner tradisional yang lezat dan beragam. Salah satu hal yang membuatnya istimewa adalah camilan-camilan tradisionalnya yang menggugah selera. Di dalam artikel ini, kita akan membahas lima camilan tradisional Nusantara yang mudah dibuat di rumah. Mari kita mulai!

  1. Kue Lumpur Kue lumpur adalah camilan manis yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, gula, dan santan. Camilan ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang gurih. Cara membuatnya pun cukup sederhana. Campurkan tepung beras dengan gula, tambahkan kelapa parut dan santan, aduk hingga merata, lalu kukus hingga matang. Setelah dingin, kue lumpur siap disajikan sebagai camilan lezat.

  2. Pisang Goreng Pisang goreng adalah camilan yang sudah tidak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia. Pisang yang dibalut dengan adonan tepung berbumbu, kemudian digoreng hingga kecokelatan dan renyah. Rasanya yang manis dan gurih membuat pisang goreng selalu menjadi pilihan yang populer sebagai camilan di berbagai kesempatan. Anda dapat menambahkan sedikit wijen atau keju parut untuk variasi rasa yang lebih menarik.

  3. Peyek Peyek adalah camilan renyah yang terbuat dari adonan tepung beras yang dicampur dengan bumbu rempah-rempah seperti ketumbar, garam, dan bawang putih. Adonan kemudian digoreng hingga kecokelatan dan mengembang. Peyek bisa dibuat dengan tambahan kacang tanah atau udang kecil untuk memberikan rasa yang lebih gurih. Camilan ini cocok disajikan sebagai teman makan nasi atau sebagai cemilan di waktu luang.

  4. Klepon Klepon adalah camilan khas Jawa yang terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat dan diisi dengan gula merah cair. Kemudian klepon direbus dan dilapisi dengan parutan kelapa. Ketika dimakan, sensasi manis gula merah yang meleleh di dalam mulut dipadu dengan kelembutan klepon yang kenyal membuat camilan ini sangat menggugah selera. Klepon juga sering dijumpai dalam acara-acara tradisional seperti pernikahan atau selamatan.

  5. Getuk Getuk adalah camilan tradisional dari Jawa Tengah yang terbuat dari singkong yang dihaluskan dan dicampur dengan gula pasir. Campuran tersebut kemudian direbus hingga mengental dan dibentuk sesuai selera. Getuk sering disajikan dengan taburan kelapa parut atau wijen di atasnya. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat getuk menjadi camilan favorit banyak orang, terutama di Jawa Tengah.

Itulah lima camilan tradisional Nusantara yang mudah dibuat di rumah. Selamat mencoba untuk membuat dan menikmati camilan-camilan lezat ini bersama keluarga dan teman-teman!

Belum ada Komentar untuk " 5 Camilan Tradisional Nusantara yang Mudah Dibuat di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel