Takjil Tradisional Yang Wajib Ada di Meja Buka Puasa

>

Takjil Tradisional Yang Wajib Ada di Meja Buka Puasa

Menjaga tradisi takjil saat berbuka puasa adalah suatu kebiasaan yang kaya akan makna. Tak hanya sebagai penyegar saat memecah puasa, tetapi juga sebagai warisan budaya yang harus dijaga keberadaannya. Di Indonesia, ragam takjil tradisional menghiasi meja berbuka puasa dengan kelezatan dan aroma yang menggugah selera. Berikut ini beberapa takjil tradisional yang wajib ada di meja buka puasa:

  1. Kolak Kolak adalah takjil klasik yang tak pernah lekang oleh waktu. Terbuat dari campuran pisang, ubi, biji salak, dan kadang-kadang disertai dengan ketan atau kolang-kaling, kolak memiliki cita rasa manis yang memanjakan lidah. Bumbu rempah seperti kayu manis, biji pala, dan kapulaga menambah aroma harum pada kuah gula aren yang menjadi ciri khas kolak.

  2. Es Buah Es buah merupakan takjil yang menyegarkan dan kaya akan serat. Campuran potongan buah-buahan segar seperti melon, semangka, jeruk, dan nanas disajikan dalam siraman sirup gula dan es serut. Tak jarang pula tambahan susu kental manis atau es krim memberikan cita rasa yang lebih lezat.

  3. Dadar Gulung Dadar gulung adalah camilan manis yang terbuat dari adonan tepung beras yang dibalut kelapa parut dan gula merah. Adonan kemudian digulung dan diisi dengan campuran kelapa parut dan gula merah yang telah direbus. Dadar gulung memiliki tekstur yang lembut dan cita rasa gurih manis yang memikat.

  4. Bubur Sumsum Bubur sumsum adalah takjil yang cocok disantap saat berbuka puasa. Terbuat dari tepung beras dan santan, bubur sumsum disajikan dalam keadaan hangat dengan siraman kuah gula merah yang kental. Taburan wijen sangrai di atasnya menambah aroma dan kenikmatan saat dinikmati.

  5. Lopis Lopis adalah takjil tradisional Jawa yang terbuat dari ketan yang dicampur dengan santan dan gula merah, kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus. Setelah matang, lopis dipotong-potong dan disajikan dengan taburan kelapa parut yang telah dicampur dengan garam. Rasanya manis gurih dengan aroma khas daun pisang yang membuatnya begitu menggoda.

  6. Es Campur Es campur adalah campuran berbagai potongan buah-buahan, agar-agar, nata de coco, dan biji selasih yang disajikan dalam siraman sirup gula dan santan. Es campur adalah takjil yang menyegarkan dan cocok untuk menghilangkan dahaga setelah seharian menahan lapar dan haus.

  7. Klepon Klepon adalah kue tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat dan diisi dengan gula merah cair, kemudian direbus dalam air mendidih hingga matang. Setelah matang, klepon digulung dalam kelapa parut. Rasanya manis gurih dengan sensasi melelehnya gula merah di dalamnya.

Demikianlah beberapa takjil tradisional yang wajib ada di meja buka puasa. Memiliki makna yang mendalam, takjil tradisional menjadi bagian tak terpisahkan dalam ritual berbuka puasa yang telah menjadi warisan budaya yang patut dijaga dan dilestarikan. Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi untuk tetap melestarikan keberadaan takjil tradisional di tengah arus modernisasi yang terus mengalir. Selamat menikmati berbuka puasa dengan beragam takjil tradisional yang lezat dan menyehatkan!

Belum ada Komentar untuk " Takjil Tradisional Yang Wajib Ada di Meja Buka Puasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel