Minuman Khas Nusantara yang Mudah Dibuat

>

Minuman Khas Nusantara yang Mudah Dibuat

Nusantara, dengan kekayaan budaya dan kuliner yang melimpah, menyuguhkan berbagai jenis minuman tradisional yang lezat dan menyegarkan. Berikut beberapa minuman khas Nusantara yang mudah dibuat di rumah:

  1. Es Kelapa Muda Es kelapa muda adalah minuman yang segar dan sering dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Cara membuatnya cukup sederhana, Anda hanya perlu membelah kelapa muda dan mengambil daging serta airnya. Tambahkan es batu dan sedikit gula secukupnya untuk mendapatkan rasa yang manis dan segar.

  2. Teh Tarik Teh tarik adalah minuman khas Malaysia yang juga populer di Indonesia. Anda hanya membutuhkan teh hitam, susu kental manis, dan gula. Tuangkan teh panas ke dalam cangkir yang berisi campuran susu kental manis dan gula, kemudian tarik-tarik sampai berbusa. Teh tarik siap dinikmati dengan aroma dan rasa yang khas.

  3. Bandrek Bandrek adalah minuman tradisional Sunda yang hangat dan cocok untuk menemani malam. Bahan utamanya adalah jahe, gula merah, dan serai. Rebus semua bahan dalam air hingga mendidih dan tambahkan santan kental. Bandrek siap disajikan hangat dengan aroma jahe yang harum dan rasa manis dari gula merah.

  4. Cendol Cendol adalah minuman manis dengan taburan butiran hijau dari tepung beras. Anda bisa membuatnya dengan campuran tepung beras, daun pandan, dan santan. Saring campuran tepung beras dengan menggunakan saringan berlubang ke dalam air mendidih, lalu tambahkan gula merah cair dan es batu. Cendol siap dinikmati dengan kelezatan dan kesegarannya.

  5. Sekoteng Sekoteng adalah minuman hangat dengan aneka potongan buah dan kacang-kacangan. Bahan utamanya meliputi kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, dan gula merah. Rebus kacang hijau dan pacar cina hingga matang, tambahkan gula merah cair, dan sajikan dengan potongan buah seperti pisang, kolang-kaling, dan tape. Sekoteng siap dinikmati sebagai penutup makan yang lezat.

  6. Es Dawet Es dawet adalah minuman segar dengan tekstur kenyal dari tepung beras dan santan. Anda bisa membuat dawet dengan campuran tepung beras, daun pandan, dan air. Saring campuran tepung beras ke dalam air mendidih hingga mengental, lalu tambahkan gula merah cair. Sajikan dawet dengan es serut dan santan kental untuk menambah kesegarannya.

  7. Wedang Jahe Wedang jahe adalah minuman tradisional dengan khasiat menyehatkan dari jahe. Rebus jahe yang telah diparut dengan air hingga mendidih, tambahkan gula dan sedikit garam. Wedang jahe siap disajikan hangat dan bisa menjadi pilihan untuk menghangatkan tubuh di musim hujan atau cuaca dingin.

  8. Es Campur Es campur adalah minuman dengan berbagai potongan buah, agar-agar, dan es serut yang disajikan dengan siraman santan dan sirup. Anda bisa menambahkan potongan buah seperti nanas, kelapa muda, nangka, dan lainnya sesuai selera. Es campur adalah pilihan minuman yang segar dan cocok untuk menemani waktu santai.

Itulah beberapa minuman khas Nusantara yang mudah dibuat di rumah. Nikmati kelezatan dan kesegaran minuman tradisional ini sebagai bagian dari warisan budaya dan kuliner Indonesia yang kaya. Selamat mencoba!

Belum ada Komentar untuk " Minuman Khas Nusantara yang Mudah Dibuat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel